7 Des 2015

3 Ketrampilan yang harus dimiliki Entrepreneur

Dalam berbisnis itu, terutama yang bukan sekedar jualan, ada 3 ketrampilan yang perlu dimiliki seorang entrepreneur. Pertama adalah membuat produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kita bisa saja pintar membuat produk atau jasa, tapi kalau tidak dibutuhkan masyarakat juga percuma. Umumnya. banyak orang memulai usaha karena produk atau jasa yang dibuatnya itu awalnya digunakan oleh dirinya sendiri. Misalnya: menjahit baju untuk keperluannya sendiri, memasak untuk keluarganya, dll.

Itu ketrampilan pertama yang perlu dimiliki. Kalau bisnis Anda adalah toko atau jualan, maka ketrampilan yang ini bisa diabaikan.

Ketrampilan kedua adalah ketrampilan menjual. Percuma bisa buat produk atau jasa namun tidak bisa jualan. Ketrampilan menjual ini penting sebab di luaran pasti juga ada pihak lain yang menawarkan produk atau jasa serupa. Jadi Anda harus bisa menjual. Artinya membuat orang membeli produk atau jasa Anda. Anda tidak bisa hanya berdiam diri saja menanti orang datang membeli produk atau jasa Anda. Anda harus bisa jualan. Kalau produk atau jasa Anda benar-benar dibutuhkan, memang bisa saja ada yang datang sendiri untuk membelinya. Tapi, menjual itu harus dilakukan. Itu butuh ketrampilan tersendiri.

Banyak kegagalan bisnis karena yang punya usaha tidak bisa jualan, tidak mau jualan, gengsi, malu, takut ditolak, nggak punya nyali untuk jualan. Jadi, bisa bikin tapi tidak bisa jualan, juga akan membawa kegagalan.

Yang ketiga, ini yang juga sangat-sangat penting sebab kalau ketrampilan yang ketiga ini diabaikan, juga bisa membuat bisnis kita berantakan. Apakah itu? Yang tak kalah pentingnya adalah ketrampilan mengumpulkan uang.

Kalau Anda sudah bisa jualan, Anda akan mendapatkan uang. Tapi... tidak semua orang memiliki ketrampilan mengumpulkan uang. Ibarat nasihat orang jaman dulu, kumpulkan sen demi sen...

Pepatah mengatakan dikit dikit lama-lama jadi bukit

Ketrampilan mengumpulkan ini tidak semua orang bisa. Ada yang boros, ada yang kurang sabar sehingga terlalu cepat mengembangkan bisnisnya padahal belum saatnya. Anda mesti bisa mengumpulkan uang (collecting money) dengan baik.

Kalau Anda punya ketiga ketrampilan ini, bisa membuat produk atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, mampu menjualnya dengan baik serta bisa mengumpulkan pendapatan dengan maksimal. pasti bisnis Anda akan lebih berumur panjang dan bisa berkembang.
Banyak usaha yang jalan di tempat, tidak bisa berkembang, adalah karena pemiliknya tidak bisa mengumpulkan uang dengan baik.

Popular Posts