Tips agar lebih percaya diri


Bagaimana menjadi percaya diri? Menurut saya ada tiga cara yang perlu dan bisa dilakukan.

Pertama, latihan, latihan dan latihan. Ingat, latihan itu penting. Kalau Anda tidak percaya diri berjualan, maka berlatihlah berjualan. Latihan itu bisa sambil pura-pura, misalnya di depan cermin belajar cara bicaranya. Bisa juga latihan dengan teman (pura-pura latihan jualan). Kemudian latihan. Jadi, mesti latihan. Semakin banyak latihan akan semakin bisa. Semakin bisa maka semakin percaya diri. Cara lain sebelum praktek, bisa juga dengan membayangkan dalam benak kita. Membayangkan diri kita berjualan, menerangkan produk ke orang lain dan berkomunikasi dengan orang itu. Dengan membayangkan (visualisasi) akan memudahkan kita untuk melakukannya nanti.

Yang kedua, biasakan berpikir dan berkata positif dalam hati. Misalnya, "saya pasti bisa" "Menjual pasti bisa saya lakukan." "Saya adalah orang yang hebat" "Saya orang yang bahagia" "Saya orang yang sukses". Biasakan berkata pada diri sendiri yang hebat-hebat. Sebab kalau Anda berkata dalam hati yang negatif, seperti: "Saya mana bisa?" "Kalau nanti ditolak, bagaimana malunya?" "Sepertinya pasti gagal deh". Kata-kata negatif seperti ini akan menyurutkan langkah kita.

Otak kita ini ada dua bagian utama, ada otak kiri dan otak kanan. Otak kanan itu otak yang kreatif, imajinatif dan penuh ide. Sementara otak kiri lebih logis dan sangat mengatur hidup kita. Kalau Anda punya ide kreatif, itu prosesnya di otak kanan. Tapi otak kiri ini sering bilang, "ah ide seperti apa hebatnya?" "Apakah saya mampu melakukannya?" Nah, biasakan otak kanan Anda yang berbicara. Ide kalau dibiarkan berlama-lama tidak dijalankan, maka otak kiri yang menguasai sehingga ide itu tidak dijalankan.

Nah yang ketiga, hargai dan ingatlah keberhasilan-keberhasilan yang Anda telah capai. Jangan mengingat kegagalan-kegagalan atau peristiwa yang tidak menyenangkan. Rayakan kemenangan. Kalau semisal, Anda berhasil melakukan penjualan yang pertama, rayakanlah itu. Tidak harus pesta besar-besaran, tapi bisa dengan memuji diri Anda sendiri. Rayakan sendiri kalau perlu dengan cara yang Anda sukai. Nikmati saat-saat itu sebagai sebuah kemenangan.

Dari tiga hal yang bisa Anda lakukan itu... dan saya yakin bisa dilakukan, pasti akan membawa perubahan. Lakukan latihan terus menerus, kata-kata positif dalam hati, dan rayakan kemenangan, maka kepercayaan diri Anda akan terpupuk makin besar. Jangan pernah ragu, mulai dari langkah kecil. Seperti kata pepatah, perjalanan seribu kilometer dimulai dari langkah pertama. Anda untuk bisa sukses berjualan, mesti memulai berjualan yang pertama.  There is always a first time for everything. Selalu ada yang pertama kali untuk segala sesuatunya.

Jadi, jangan hanya duduk menunggu, bersikaplah proaktif. Kalau Anda ingin bisa lebih trampil dalam berkomunikasi, maka banyaklah berbicara dengan orang yang tidak dikenal, misalnya saat di dalam bus, di taman dan lain sebagainya. Mungkin Anda diacuhkan, mungkin Anda ditolak, tapi jangan membuat hati Anda surut. Latihlah, tempalah diri Anda makin hebat. Percayalah, Anda pasti bisa.

0 Komentar:

Posting Komentar