24 Des 2013

Film lama 8mm

Proyektornya tidak sama persis, namun kira-kira seperti ini
Jauh sebelum ada Youtube, DVD, VCD, digital video seperti laser disk, bahkan VHS dan Betamax, waktu masih kecil di rumah ada proyektor film 8mm. Yang saya ingat ada 3 film. Memang ada persewaan film 8mm saat itu dengan film-film bisu. Film yang ada di rumah adalah Abbot Costello, Apollo XI dan sebuah film keluarga saat saya masih kecil. Film ini yang saya ingat merekam ketika saya berusia mungkin belum 2 tahun (sekitar akhir tahun 1967), karena sepertinya waktu itu ibu saya sedang hamil adik saya. Sebuah film saat pergi ke kota Probolinggo, ke tempat pelelangan kayu di mana Opa Suryo bekerja, serta saat ke Bali. Sayang, film ini sudah tidak ada lagi, entah hilang waktu kapan dan di mana. Alat proyektornya juga sudah tidak ada.

Film Abbot Costello ini belakangan saya temukan ada di Youtube. Melihatnya jadi mengenang kembali masa kecil. Cerita tentang balapan mobil yang seru. Film ini kalau tidak ada Youtube, saya tidak akan tahu judulnya, yakni "Midget Car Maniacs".



Film yang satu lagi tentang perjalanan manusia ke bulan. Filmnya hitam putih dan tanpa suara. Saya tidak tahu persis apakah video yang ada di Youtube di bawah ini sama dengan yang saya lihat dulu. Tapi kemungkinan besar adalah itu. Entah, apakah karena saya berulang kali menonton film ini, membuat saya suka dengan astronomi dan perjalanan antariksa.



Kini perkembangan teknologi sudah sangat luar biasa. Video-video lama bisa kita dapatkan dengan mudah. Yang sangat saya sayangkan adalah video keluarga yang hilang entah kemana. Yang pasti hanya tinggal memori yang merekam potongan-potongan adegan dari film tersebut. Saya merasa keluarga saya sudah sejak awal membiasakan untuk mendokumentasikan peristiwa. Entah berupa cerita, foto maupun film.

Popular Posts