11 Agu 2013

Ketakutan Krista

Liburan lebaran 2013 ini saya pasang shower di kamar mandi. Sebenarnya sudah ada pipa salurannya, tapi karena yang dulu rusak/patah, maka cuma ditutup saja. Sudah lama juga ingin pasang shower agar tidak boros dalam pemakaian air untuk mandi. Setelah pasang shower, muncul problem lain yang tidak diduga. Apa itu?

Krista ternyata takut dengan shower itu. Memang Krista ini agak penakut. Kalau ke mall dan ada kereta api yang berjalan di mall (yang mengangkut sejumlah anak-anak kecil) lewat, dia langsung lari sembunyi. Tapi Krista yang biasanya sangat suka dengan air mancur, entah kenapa kok takut sekali dengan shower ini.

Ini berakibat Krista sulit sekali disuruh mandi dan kalau buang air besar takutnya minta ampun sehingga sudah dua kali ini dia BAB di luar kamar mandi. Wuih, bikin mamanya marah karena kotorannya jatuh di lantai dan sekali pernah di tangga.

Untuk mencegah takutnya, shower itu dibuntal dengan handuk. Tapi Krista tetap takut masuk ke kamar mandi. Dulu dia kalau BAB, minta ditutup pintunya, sekarang ketika ditutup, showernya kelihatan (posisi shower tertutup kalau pintu kamar mandinya dibuka, tapi kelihatan kalau pintunya ditutup), jadi dia minta pintunya dibuka.

Apa yang membuat Krista takut? Apakah bentuk kepala showernya? Atau selang berbentuk seperti belalai robot? Atau krannya?

Tadi sehabis dia BAB di lantai karena sudah tidak tahan tapi takut masuk kamar mandi, saya ajak mandi. Di dalam kamar mandi, saya suruh dia memegang showernya dan dia mau. Hm, aneh juga. Apa yang membuatnya takut? Dia melihat air yang keluar dari kepala shower juga masih tersenyum. Tapi ketika airnya kena badannya, dia lantas menjerti-jerit. "Mama...!! Mama...!!" Apakah Krista takut karena kena air dingin yang keluar dari shower? Apakah pengalaman pertamanya dengan shower tidak menyenangkan? Kena siram air shower yang dingin (memang tidak ada water heaternya) barangkali sangat tidak menyenangkan.

Apakah itu yang membuatnya takut? Entahlah... Sayang Krista belum bisa bicara dengan lancar untuk mengutarakan apa yang ditakutinya. Mau bertanya ke siapa? Rumput yang bergoyangpun tidak ada... hanya bisa menduga-duga saja...

Soal ketakutan ini, saya masih ingat dulu saya pernah takut sekali di malam hari saat mau tidur, mendengar suara klunung-klunung penjual mie kluntung (mie jawa). Saya membayangkan suara itu sangat menakutkan... horror banget... Apakah Krista juga membayangkan hal yang menakutkan ketika melihat shower itu?


Popular Posts