12 Mei 2013

Chinese Ghost Story

Saya dulu sekitar tahun 90-an pernah nonton film, lupa judulnya, tapi saya kira adalah Chinese Ghost Story. Waktu itu ada sebuah syair yang diucapkan dan saya catat teks terjemahan adalah sebagai berikut:

Cinta...apa enaknya cinta
Kutukan apa yang akan terjadi
pada manusia yang melakukannya,
Kenapa Tuhan mengabaikannya.
Cinta dapat menjadikan manusia murni dan lembut.
Cinta dapat menjadi suatu janji,
bahkan suatu perjanjian.
Tidak ada kompromi untuk hal ini.
Orang dapat menangis dan tertawa karena hal ini...
Katakan padaku kalau begitu apa itu cinta?
Cinta membuat orang menjadi tua karena memikirkannya.
Aku tak dapat melihat dengan jelas,
tak dapat memahaminya.
Aku orang yang fanatik, aku menjadi keras karena cinta.
Sekarang kegilaan apalagi ini?
Cinta ... Cinta ...
Cinta menyebabkan Tuhan menjadi tua.

Namun waktu saya melihat episode "Chinese Ghost Story" yang pertama, saya tidak menemukan syair ini, apakah ada di episode kedua? Entah apa ada di Chinese Ghost Story sekuel yang kedua ...

Syair dari sekuel pertama:

Chinese Ghost Story

Jalan kehidupan ....
adalah impian seperti panjang jalan itu
badai angin topan
berlalu sesaat kau pergi

Di dunia,
berapa cara seseorang bisa bermimpi?
mencari impian cinta
dan jalan itu terus berlaju

Kehidupan adalah impan dan birahi
suatu tempat dalam impian
ada bekas-bekas airmata

Pergi ke mana?
untuk menemukan kemana hatiku pergi
angin sepertinya tertanda di impian
dan jalan itu dan aku terus berlalu


Salam,
nur agustinus

Popular Posts