12 Mei 2013

Awal mula mengidola Carl Sagan

by Nur Agustinus (Notes) on Sunday, March 8, 2009 at 10:56am


Carl Sagan adalah idola saya saat saya masih SMP bahkan sampai kini. Bagi saya, dia adalah ilmuwan yang hebat, pintar dan menarik. Carl Sagan telah meninggal dunia pada tanggal 20 Desember 1996 pada usia 62 tahun. Saya pertama kali mengenalnya lewat majalah Mekatronika yang terbit di tahun 1979. Saat itu Mekatronika mengulas tentang eksobiologi, sebuah ilmu tentang kehidupan di luar bumi, sangat cocok dengan minat saya tentang misteri UFO dan astronomi, yang selalu bertanya, apakah ada kehidupan lain di luar bumi ini.

Saya lebih mengenal lebih jauh tentang Carl Sagan lewat buku-bukunya yang saya pinjam di perpustakaan Lembaga Indonesia Amerika. Salah satunya yang berjudul "The Dragons of Eden". Carl Sagan menulis banyak buku, termasuk Cosmos dan novel Contact yang pernah diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh Jodie Foster.

Carl Sagan juga bekerja di NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) serta dikenal di kalangan ilmuwan SETI juga. Dia ikut dalam proyek mengirim wahana tak berawak Viking ke Mars, Pioneer dan Voyager ke Jupiter dan Saturnus. Benar-benar mengagumkan bagi saya yang masih remaja waktu itu dan membuat saya berangan-angan seandainya bisa terbang ke luar angkasa mengembara ke bintang-bintang seperti di Film Star Trek. Sagan juga memproduksi video yang berjudul Cosmos.

Mengenang Carl Sagan, saya membaca kembali majalah Mekatronika no 6 tahun 1979, awal di mana saya mulai mengidola Carl Sagan. Isi majalah tersebut yang berhubungan dengan laporan utama tentang "eksobiologi" telah saya scan dan upload ke internet. Jika tertarik ingin membacanya, bisa download di: http://www.mediafire.com/download.php?jzqzjmijztd

Popular Posts