12 Mei 2013

Anda dan bisnis Anda, ada di kuadran yang mana?


Pertanyaan yang kita bisa diskusikan bersama... Bisnis mana yang Anda pilih untuk dilakukan? Bisnis yang masalahnya sedikit dan ringan, bisnis yang masalahnya banyak tapi ringan, bisnis yang masalahnya sedikit tapi berat, atau yang masalahnya berat dan banyak?

seorang pengusaha akan menjadi entrepreneur yang hebat jika tepat berada di posisi yang sesuai dengan dirinya. Jadi, maksud dari apa yang ingin saya sampaikan, tidak ada yang salah atau paling benar dari 4 pilihan bisnis tadi. Ada orang yang memilih berbisnis yang masalahnya sedikit dan ringan, ada yang lebih suka bisnis yang masalahnya banyak tapi asal ringan-ringan saja, atau memilih yang lain. 

Nah, point dari pertanyaan saya, adalah apakah teman-teman mengetahui, kira-kira di mana posisi yang hendak dipilih. Salah pilih akan berakibat, entah bsia merasa cepat bosan, atau sebaliknya menjadi over stress. Banyak pengusaha yang masuk di kuadran (dari matrix di atas) yang keliru, hanya karena melihat orang lain berhasil (jadi mencoba meniru), tapi sebenarnya dirinya tidak sesuai untuk itu. Akibatnya dia mengalami kegagalan. Seorang entrepreneur harus tahu di mana dia berada...

Topik ini pernah saya pelajari dulu waktu saya kuliah MBA. Ini erat kaitannya dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, & Threat). Masalah dirasakan berat atau ringan memang tergantung dari kemampuan diri kita. Semakin kita memiliki skills, semakin kita butuh tantangan. Dengan kata lain, kita membutuhkan dan siap menghadapi masalah yang berat. Masalah ini bukan masalah hidup ya... tapi masalah bisnis

Nah, memang tadi saya amati, banyak yang siap menghadapi banyak masalah, asalkan ringan. Alasannya adalah karena masih pemula. Jawaban ini sangat wajar. Mungkin teman-teman masih merasa belum punya banyak bekal dan ketrampilan dalam berbisnis. Di sini teman-teman mengatakan siap menghadapi masalah banyak, itu karena saya yakin teman-teman di sini hidupnya sudah banyak masalah dan bukan tipe orang yang putus asa. Jadi, jawabannya memang suah saya prediksi seperti itu.

Dalam analisis SWOT selain kondisi internal yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan kita, ada aspek di luar diri (eksternal) yang tidak bisa kita kendalikan. Ini berkaitan dengan banyak dan sedikitnya masalah. Masalah dalam bisnis bisa macam-macam. Kalau Anda bisnis kuliner misalnya, naik turunnya harga sembako merupakan masalah. Komplain pelanggan juga masalah, juru masak handal Anda tiba-tiba minta keluar, itu juga bisa jadi masalah. Masalah dalam bisnis macam-macam. Nah, untuk urusan banyak atau sedikitnya masalah, datangnya dari luar... kadang ada orang yang bisa tahan menghadapi masalah yang bertubi-tubi, tapi belum tentu bagi orang lain. Jadi, pilihlah usaha yang sesuai dengan diri Anda, analsis SWOT diri Anda, maka ini menjadi langkah awal untuk memilih bisnis yang cocok dengan passion dan tallent Anda.
 

Popular Posts