Tentang saya...

Nama saya Nur Agustinus Soedjatmiko, lahir di Surabaya, tanggal 26 April 1966. Ayah saya adalah Basuki Soedjatmiko (alm), dulu bekerja di majalah Liberty dan juga di Harian Jawa Pos. Ibu saya adalah Wuri Soedjatmiko. Saat ini ibu saya menjadi direktur di Pasca Sarjana Unika Widya Mandala Surabaya. Saya adalah anak pertama dan anak laki-laki satu-satunya, dengan dua adik perempuan yang kini tinggal di Amerika dan Singapore.

Perjalanan sekolah saya dimulai di TK Taman Rini, yang berada di kawasan Gereja Kelahiran Santa Perawan Maria jalan Kepanjen Surabaya. Oleh ayah saya, saya hanya di sekolahkan di TK nol kecil dan langsung dimasukkan ke SD tanpa nol besar. Pada tahun 1971, saya bersekolah di SDK Aloysius, Jl. Gatotan 26 Surabaya. Waktu itu sekolah ini muridnya masih laki-laki semua. Lulus di tahun 1976 dan pada Januari 1977 masuk sekolah di SMPK Angelus Custos, Jl. Niaga Dalam 5 Surabaya. Saat kelas 2, saya mengalami perpanjangan waktu sekolah dari satu tahun menjadi satu setengah tahun, karena tahun ajaran diganti dengan sistem semester dan dimulai pada pertengahan tahun. Lulus dari SMP, saya masuk ke SMAK Frateran, Jl. Kepanjen 8 Surabaya, di tahun ajaran 1980-1981. Lokasi sekolah SMPK Angelus Custos dan SMAK Frateran berada di satu komplek. Sejak TK hingga SMA, memang sekolah saya tidak jauh dari rumah, yaitu di Jl. Krembangan Barat 31-I Surabaya, yang kini menjadi tempat kerja saya.

Waktu SMP dan SMA, saya memiliki minat yang besar pada astronomi dan fenomena UFO. Saya pernah berangan-angan menjadi penerbang, juga pernah bercita-cita kuliah di jurusan astronomi atau meteorologi dan geofisika. Namun kemampuan saya di bidang fisika tidak terlalu baik, serta saya sejak SD sudah memakai kaca mata. Jadi, harapan itu sepertinya mustahil untuk dicapai. Lulus dari SMA, ayah saya menyarankan agar saya kuliah di psikologi dan mendaftarlah saya ke Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya), dan diterima di sana. Minat saya di bidang UFO yang dimulai sejak saya SMP, masih ada hingga saat ini dan membawa saya untuk membentuk komunitas BETA-UFO Indonesia.

Pada tahun 1983, menjelang saya lulus SMA, saya mengikuti Lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI-TVRI dan berhasil menjadi juara 2 bidang Sosial dengan karya tulis yang berjudul "Dampak Penggunaan Kalkulator pada Siswa Sekolah Menengah". Sebuah peristiwa yang sangat mengubah dan mempengaruhi diri saya, terutama dengan prestasi ini saya bisa membuat orang tua saya bangga.

Saya mahasiswa fakultas psikologi Ubaya angkatan 1983 dengan nomor mahasiswa 5830053. Saya lulus lokal pada tahun 1988 dan baru berhasil lulus ujian negara pada tahun 1990 dan diwisuda pada tahun itu. Pada tahun 1980, setelah saya lulus lokal, saya sempat mendaftar ke S2 di IKIP Malang, ikut tes dan sempat dinyatakan diterima namun kemudian dibatalkan karena saya belum lulus negara. Waktu itu saya hendak dibiayai kuliahnya oleh Pak Hartono Wibowo, seorang teman ayah saya yang saat itu menjabat sebagai Pimpro di perumahan Magersari, Mojokerto. Karena tidak jadi masuk S2 IKIP Malang, pak Hartono Wibowo menganjurkan saya untuk kuliah di program MBA di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo), Surabaya. Lulus dari program MBA dan sebelum ayah saya meninggal dunia tanggal 17 Juni 1990, saya sempat didampingi beliau saat wisuda MBA. Saat saya diwisuda lulus sebagai sarjana psikologi, ayah saya telah meninggal dunia.

Sebelum saya membuka usaha sendiri, saya pernah bekerja di PT Sarana Windu Indonesia, sebuah perusahaan cold storage udang di Gedangan, Sidoarjo. Saat itu saya sambil kuliah di program MBA (yang sayangnya gelar ini kemudian tidak diakui oleh Dikti). Saya juga pernah bekerja ikut pak Hartono Wibowo yang saat itu memutuskan untuk usaha sendiri dengan mendirikan perusahaan PT Bursa Papan Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli rumah. Akhir Juli 1990, saya mendirikan dan merintis usaha sendiri yang bernama Bina Grahita Mandiri, sebuah lembaga konsultasi psikologi dan manajemen. Perusahaan ini masih berdiri hingga saat ini dan memberi layanan psikotes dan konsultasi psikologi.

Tahun 2003 saya kuliah lagi di S2 Untag Surabaya di bidang psikologi dan diwisuda tahun 2005. Saat ini, tahun 2009, saya berencana mengikuti kuliah program doktor di Unika Widya Mandala Surabaya, jurusan manajemen stratejik. Saya telah menikah dan dikaruniai tiga putera, Ryan, Tiko dan Krista.

Saya mempunyai hobi membaca dan menulis. Kebiasaan saya menulis artikel dimotivasi dan difasilitasi oleh ayah saya sehingga banyak menulis di majalah dan surat kabar. Saya juga pernah menulis beberapa buku, antara lain berjudul "Phobia", "Antara Anak dan Keluarga", "Mengatasi Hambatan Bisnis bagi Eksekutif" dan "Satu Dekade Perjalanan Komunitas BETA-UFO Melacak Fenomena UFO". Sejak Agustus 2010, saya menjadi salah seorang fasilitator untuk mata kuliah Entrepreneurship di Universitas Ciputra. Sebelumnya saya juga pernah menjadi dosen luar biasa di Universitas Katolik Darma Cendika untuk mata kuliah Psikologi Industri dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

1 Komentar:

  1. Sungguh Luar biasa ... saya kagum dengan prestasi pak Nur,

    BalasHapus