31 Okt 2014

Startup Mindset

Sering menjadi pertanyaan mendasar, apa yang membuat seseorang memilih menjadi seorang entrepreneur. Sudah sering kita membaca bahwa seorang entrepreneur itu perlu kemampuan dan kebiasaan melakukan inovasi, namun ketika kita memberi pelatihan atau mengajar kewirausahaan, yang kemudian segera mengambil keputusan untuk action masih sangat sedikit. Walau hampir bisa dipastikan, sesaat setelah mengikuti seminar itu, semangat terasa membara dan berkobar. Tapi berjalannya waktu, hal ini kemudian surut kembali, larut dalam kebiasaan kehidupan kita sehari-hari seperti sebelumnya.

Sebagai seorang pengajar entrepreneurship, tentunya diharapkan menjadi seorang entrepreneur enabler, yakni menjadi pengaktif seseorang menjadi entrepreneur. Ini karena diyakini bahwa entrepreneurship itu bisa diajarkan, dapat ditularkan dan mampu dikembangkan. Tapi, kembali lagi, mengapa ada satu yang dengan cepat segera action untuk berbisnis, sementara yang lain tidak? Tidak sesederhana menekan tombol lantas orang berubah. 

Apa faktor yang menjadi pendukung yang membedakan mereka? Apakah jangan-jangan yang segera bertindak itu adalah mereka yang memang dalam dirinya sudah ada bibit atau bakat menjadi entrepreneur? Pendidikan hanya memoles dan memperkuat hal itu? Namun saya tak percaya jika ada orang benar-benar tidak punya potensi menjadi entrepreneur. Sejarah panjang perkembangan kehidupan manusia di bumi ini menunjukkan kemampuannya dalam beradaptasi, memenuhi kebutuhannya untuk survive dan menempuh segala resiko di lingkungan yang sangat tidak bersahabat ini. Jadi, pertanyaan berikutnya adalah, mengapa sikap mental  ini meredup?

Buku ini membahas pentingnya pola pikir atau mindset untuk berani mengambil resiko secara cerdas untuk membuat usaha. Tentu sangat dibutuhkan untuk fokus pada usaha uang sesuai minat maupun passion. Untuk itu perlu dibedakan antara apakah minat itu dengan hobby. Banyak orang keliru memilih bidang bisnis karena yang dikerjakan adalah yang menjadi hobbynya. Padahal yang penting adalah mengetahui apa minatnya. Bagaimana juga menumbuhkan passion untuk berbisnis. Tanpa passion berbisnis, maka keinginan untuk melakukan startup action juga tidak akan sungguh-sungguh.

Pemesanan buku bisa ke:
Bina Grahita Mandiri
Jl. Krembangan Barat 31-I Surabaya
Telp +6231 3526207, 3542570
Fax +6231 3559283

Harga buku Rp 50.000,- 

Belum termasuk ongkos kirim.  
Bisa pesan bisa ke: Ainur Ridlwan Muthahhari, WA +6282136936631

Preview buku:
 

Popular Posts