Jangan lari di tempat saja


Anda sudah bekerja keras, sangat keras bahkan. Tapi mengapa sepertinya dari tahun ke tahun tidak membawa perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik? Anda perlu waspada, sebab jangan-jangan Anda terperangkap dalam keadaan yang dinamakan gejala roda putar hamster.

Anda tahu roda putar hamster? Sebuah mainan di mana ada hamster atau bisa juga marmut atau tikus putih dan ada mainan seperti roda di mana mereka bisa berlari di dalamnya. Kita dapat melihat mamalia kecil itu berlari, semakin cepat dia berlari, semakin kencang rodanya berputar. Tapi masalahnya, dia hanya berlari di tempat, tidak maju ke mana-mana. Bahkan kalau dia berlari lebih cepat dari putarannya, maka dia segera terseret ke atas dan terjatuh.

Keadaan seperti ini banyak dialami pengusaha. Dalam bahasa Inggrisnya disebut "Gerbil Syndrome". Kalau pertumbuhan usaha Anda hanya sekitar 5 sampai 10% per tahun, di mana mungkin sama dengan tingkat inflasi atau bahkan di bawahnya, sebenarnya usaha Anda tidak dapat dikatakan berkembang atau bertumbuh. Banyak pengusaha yang merasa tidak bertambah sukses karena keadaan ini. Ini bukan karena pasar telah jenuh atau perusahaan sudah memasuki tahap kematangan sehingga pertumbuhan pasar agak lambat, namun keadaan ini karena kita hanya berlari di tempat.

Sebenarnya, kalau kita jadi pegawai, maka kondisi seperti ini juga akan dialami. Gaji misalnya hanya naik tidak sampai 10% setahun atau kalau buruk bahkan tidak naik sama sekali. Menjadi entrepreneur jelas lebih punya peluang untuk bertumbuh lebih dari sekedar 10% setahun, Tapi nyatanya, banyak juga pengusaha yang juga tidak bisa bertumbuh pesat.

Bagaimana mengatasi hal ini? Tentu langkah awal adalah menyadari bahwa kita terperangkap dalam roda putar ini. Kita harus bisa mengatur waktu kita untuk tidak terperangkap dalam rutinitas, termasuk kehidupan rutin berlari di tempat ini. Kita harus bisa move on, keluar dari roda putar ini dan berlari di tempat yang benar. Ketika kita sudah merasa hanya jalan di tempat atau katakanlah berari dengan kerja sangat keras tapi tidak maju-maju, maka kita harus melangkah keluar, membuat sistem agar roda tetap berputar meski kita sudah keluar dari roda tersebut.  Tentu ini butuh kemauan, kreativitas dan semangat untuk maju. Keluarlah dari zona nyaman Anda. Ini saatnya Anda untuk berubah.

Nah, mengapa sulit berubah, ini biasanya karena ada tiga hal penghambat, pertama adalah Anda sudah merasa nyaman. Coba lihat, kalau Anda menjadi pegawai dan ingin berhenti bekerja, maka biasanya harus ada pemicu rasa tidak puas yang sangat besar untuk bisa membuat Anda berhenti. Kalau nyaman-nyaman saja, Anda tidak akan berubah. Kedua adalah Anda harus punya mimpi besar. Anda harus punya visi atau cita-cita yang membuat Anda bergairah. Banyak orang hanya hidup asal hidup, katanya: Just follow the flow. Akibatnya, hidup dijalani seperti rutinitas tiap hari. Kalau Anda punya cita-cita besar, maka Anda akan berusaha lebih baik. Steve Jobs pernah menasihatkan, "“Remembering that I'll be dead soon is the most important tool I've ever encountered to help me make the big choices in life." Nah, yang ketiga adalah melakukan langkah pertama. Kalau cuma niat dan angan, tapi tidak pernah melakukan langkah pertama (first step), maka semua itu tidak akan terwujud. Pepatah lama mengatakan, "Perjalanan seribu kilometer dimulai dari langkah pertama."

Jadi, indikator Anda sudah terperangkap dalam roda putar ini adalah jika pertumbuhan Anda hanya sekitar 5-10% saja atau bahkan sama sekali tidak tumbuh. Anda harus punya keinginan yang kuat untuk bertumbuh lebih besar lagi. Yakin bahwa Anda bisa. Saat tidak hanya bekerja sangat keras, tapi juga harus sangat cerdas. Anda harus menemukan cara yang lain untuk menghasilkan kemajuan yang siginifikan. Einstein mengatakan, "Kegilaan adalah melakukan hal yg sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yg beda."

Salam entrepreneur!

1 Komentar: