9 Jan 2014

Bingung cari lokasi... lokasi ramai tapi mahal, murah namun sepi...


Anda mau memulai bisnis sendiri, tentu jika berawal sebagai usaha kecil dengan modal tak seberapa sering jadi dilemma ketika memilih lokasi. Inginnya membuka usaha di tempat yang ramai tapi biasanya di lokasi itu, harga sewa atau jika mau beli ruko, akan mahal sekali. Tapi jika memilih yang murah, resikonya nanti sepi sehingga kerugian yang bakal didapat.

Ketakutan membeli/sewa rumah yang di jalan ramai karena mahal, sehingga membeli atau sewa rumah yang lebih murah di tempat sepi bisa menjadi kesalahan fatal kalau tidak dicermati dengan baik. Artinya, sebenarnya Anda tetap bisa berbisnis di lokasi yang semula dianggap sepi. Namun yang harus dilakukan adalah memilih strategi yang tepat. Ada tiga tipe strategi bisnis yang bisa dipilih berdasarkan teori strategi generic dari Porter:

1. Cost leadership
2. Differentiation
3. Focus.

Nah, kalau anda berbisnis di tempat sepi, maka salah satu harus dipilih. Misalnya Anda berbisnis bengkel motor, maka Anda bisa memilih menjadi bengkel motor yang dikenal murah tapi tetap bagus. Ini bisa membuat orang rela datang ke tempat Anda walau jauh. Jadi kuncinya adalah murah. Di sini Anda harus bisa membuat biaya operasional usaha Anda rendah sehingga anda tetap untung. Dengan kata lain, untung sedikit dari tiap pelanggan tak apa asal dapat banyak pelanggan. Untuk itu, mungkin meski tempatnya sepi, tapi anda perlu menyewa tempat yang agak luas dan mempekerjakan banyak montir sehingga bisa melayani banyak pelanggan dengan cepat dan baik.

Kedua, anda bisa memilih strategi differentiation, yaitu berbeda. Apa yang membedakan Anda dengan bengkel lain.Pelanggan akan datang ke tempat Anda karena Anda berbeda atau bengkel anda sengaja dipositioningkan sebagai bengkel khusus untuk motor besar atau merk khusus atau hal inovatif lain yang bisa anda pikirkan .

Ketiga fokus, artinya menyediakan jasa yang memenuhi keperluan dikhususkan pada sejumlah kelompok kecil konsumen. Ini berarti fokus pada segmen pasar tertentu. Misalnya, apakah Anda mau mensasar segmen pasar mahasiswa? Atau misalnya mau khusus pasar perempuan? Mungkin dengan begitu, Anda akan membuat bengkel anda tampil memyenangkan bagi perempuan (ada ruang tunggu dengan bacaan majalah wanita, dan lainnya... ) Kekhususan pasar ini harus dibuat untuk membuat positioning yang diingat oleh pelanggan Anda.

Sebagai contoh, TB Toga Mas ketika bersaing dengan TB yang sudah ada seperti Gramedia, melakukan strategi di atas. Dia menjual lebih murah (positioning sebagai toko buku diskon),

Kalau Anda sudah dikenal, lokasi yang jauh atau semula dianggap sepi atau tidak strategis, itu bukan lagi jadi masalah.

Popular Posts