21 Des 2013

Jadilah Entrepreneur!


Bagaimana menjadi entrepreneur? Ada banyak resep dan tips untuk melangkah menjadi seorang pengusaha. Setidaknya yang diperlukan adalah perubahan mindset, sikap dan ketrampilan. Tentu saja tidak mengubah hal ini karena tantangan selalu ada.


Memang jika sudah punya keluarga dan sudah bekerja mapan di sebuah perusahaan, menjadi sebuah hambatan untuk memulai bisnis sendiri. Banyak saran mengatakan bahwa lakukan keduanya, yakni bekerja dan juga berwirausaha. Tapi benar, ini juga tidak mudah. Kita perlu fokus. Kalau usaha kita lakukan secara sampingan, nanti hasilnya juga sampingan. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Setiap langkah yang diambil pasti ada resiko. Keraguan untuk memulai yang baru, ini memang bukan sekedar sudah enak di zona nyaman. Tapi tentu banyak yang harus dipikirkan. Menjadi makin berat kalau selama ini tabungan yang berhasil dikumpulkan juga masih belum banyak, plus kalau masih banyak tanggungan cicilan pinjaman, entah rumah atau lainnya. Ini tidak mudah.

Ilustrasi di atas adalah ringkasan seminar tentang entrepreneurship yang pernah saya berikan. Banyak hambatan untuk menjadi entrepreneur, antara lain merasa kurang cukup modal, merasa sulit, tidak  tahu harus berusaha apa, merasa tidak aman, takut resiko gagal dan sebagainya.

Tentunya, untuk memasuki dunia yang serba tidak pasti ini butuh keteguhan hati. Yang diperlukan sejatinya bukan uang sebagai modal, tapi diri kita sendiri. Siapa kita, apa yang bisa kita lakukan dan siapa saja yang kita kenal. Selanjutnya memang kita perlu menempa diri lebih percaya diri, berusaha memimpin diri kita sendiri. Punya semangat yang tahan uji dan determinasi yang kuat.

Memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa.

Salam entrepreneur!

Popular Posts