11 Mei 2013

Kenapa Tiko diberi nama Tiko


Tiko hari ini, 27 November 2011 berulang tahun yang ketujuh. Mengenang kembali peristiwa lebih dari tujuh tahun yang lalu, ketika Tiko masih dalam kandungan, saya bertanya ke anak saya yang pertama, Ryan Pranata, "Ryan, jika kamu punya adik, adikmu mau kamu kasih nama siapa?" Ryan yang saat itu sudah akan berusia 9 tahun setengah tidak percaya bahwa dia akan punya adik. Namun setelah didesak papanya, Ryan lantas menjawab, "Tiko."

Mengapa saya meminta Ryan untuk memberi nama untuk adiknya? Saat itu seorang dosen saya sewaktu saya kuliah S2 psikologi di Untag, yaitu pak Koentjoro, Ph.D. yang mengajar Psikologi Sosial, bercerita bahwa ketika dia punya anak kedua, dia meminta anaknya yang pertama ikut memberi nama. Saya melihatnya sebagai ide yang baik dan ingin saya tiru. Itu sebabnya saya kemudian meminta Ryan memberi nama buat adiknya juga.

Saat itu Ryan senang sekali dengan acara di televisi atau film tentang Dora The Explorer. Kartun Dora ini memang sangat diminati di masa itu. Kepopulerannya barangkali dikalahkan oleh SpongeBob. Dora mempunyai banyak teman, salah satunya adalah Tico. Kalau dari http://www.nick-asia.com/tvshows/shows/Nick_jr_shows/Dora_the_explorer/tico.php disebutkan bahwa "Tico is a four-year-old Spanish-speaking squirrel and a good friend to Dora. He is young and playful, but also quite brave and heroic. He loves to drive around in his little yellow car and has been known to save the day in a crisis." Entah kenapa, mungkin Ryan suka dengan tokoh Tico ini, dia kemudian menyebut nama Tico untuk nama adiknya.

Maka jadilah adiknya diberi nama Tiko. Saya memilih menggunakan K bukan C karena pertimbangan daripada dia setiap kali menyebutkan namanya harus mengatakan dengan "C", maka saya memutuskan mengunakan "Tiko". Seperti halnya Ryan mempunyai nama belakang Pranata, demikian juga Tiko Pranata.

Awalnya saya sempat berpikir juga, apakah nama Tiko ini tidak menjadi masalah di kemudian hari? Namun saya pikir, hampir semua nama bisa menjadi bahan ejekan, dan itu tergantung dari bagaimana penerimaan si anak. Nama Tiko, jika dilihat dari nama Tycho, memang bukan merupakan nama yang umum.Kalau menurut http://www.babynamespedia.com/meaning/Tiko nama Tiko ini berasal dari bahasa spanyol yang artinya "little brother".

Wah, membaca ini saya jadi berpikir, apakah Ryan waktu itu juga secara tak sadar juga menyebut nama Tiko untuk little brothernya? Barangkali ini cuma kebetulan, tapi ternyata punya makna yang luar biasa. Kalau menurut saya, ini bukan sekedar kebetulan. Jadi, ternyata sungguh tepat Ryan memberi nama adiknya dengan Tiko. Nama menurut saya diberikan bukan dengan kebetulan.

Di website lain ada juga yang memberi informasi tentang arti nama. Konon kalau di Yunani, anak laki-laki diberi nama Tiko yang artinya adalah beruntung dan bahagia.
http://www.arti.namabayimu.com/2013/08/arti-nama-tiko-laki-laki-yunani.html


Selamat ulang tahun Tiko, semoga menjadi anak dan adik sekaligus kakak yang "playful, brave and heroic"...


Tiko dan boneka Tico



Surabaya, 27 November 2011
nur agustinus

Popular Posts