Pemerintah Brasil Buka Dokumen UFO

Sebuah kejayaan sekaligus pristiwa bersejarah bagi ranah UFO Brasil serta ufolog di seluruh dunia bahwa komunitas UFO Brasil telah mendapat akses ke dokumen-dokumen UFO yang sebelumnya dirahasiakan.

Komunitas UFO yang dikawal oleh Comissão Brasileira de Ufólogos (CBU) atau Komisi Ufolog Brasil telah berjuang untuk mengakses dokumen-dokumen tersebut selama bertahun-tahun di bawah UU Kebebasan Memperoleh Informasi dan nampaknya mereka telah bernafas lega.

Pemerintah Brasil sebelumnya telah merilis secara bertahap beragam dokumen tentang topik tersebut tergantung dari tingkat penggolonnya namun kini pemerintah Brasil merilis semuanya guna keperluan studi terhadap peristiwa-peristiwa UFO yang paling signifikan dan sangat rahasia, termasuk dokumen-dokumen yang terkenal dan paling dinantikan: salah satu yang disebut-sebut sebagai insiden Roswell-nya Brasil yaitu "kasus Varghina" yang juga disebut dengan malam penting peristiwa UFO yang terkenal.

Pada malam tersebut di bulan Mei 1986, 20 UFO terlacak radar dan dikejar oleh enam pesawat militer. Brigjen Octario Moreira Lima - yang kemudian menjabat sebagai Menteri Penerbangan Brasil - mengkonfirmasikan peristiwa tersebut yang kemudian menyatakan tentang keyakinannya bahwa umat manusia akan segera melalukan kontak dengan makhluk ET.

Sang menteri juga menyatakan bahwa Brasil memiliki hak untuk mengungkapkannya kepada khalayak mengenai realitas eksistensi alien jika diperlukan tanpa seijin Amerika. Ia kemudian memberikan keterangan menarik bahwa sementara banyak orang telah siap menerima ide tentang alien, banyak warga lainnya tidak siap dengan informasi ini. Peristiwa lebih lengkap dapat dibaca di situs CBU (dalam bahasa Portugis, di http://www.ufo.com.br/textoC.php).

CBU telah bertemu dengan perwakilan senior Angkatan Udara pada sejumlah kesempatan. Selama pertemuan-pertemuan tersebut para ufolog dapat melihat dan memeriksa dokumen-dokumen tersebut namun tidak mempelajari secara mendetail beragam dokumen rahasia yang diberikan oleh pihak Angkatan Udara, termasuk insiden tahun 1986 tersebut.

Tahun lalu mereka memperoleh akses ke dokumen-dokumen tentang "Operasi Prato", suatu dokumen investigasi militer yang ekstensif tentang insiden UFO di Amazon. Warga setempat diserang dan terluka oleh UFO dan bahkan mereka mengadakan ronda malam untuk melindungi warga.

Dua puluh tahun setelah pristiwa tersebut, kapten yang memimpin operasi tersebut, Uyrange Nogueira (Kolonel (Purn.) Uyrange Bolivar Soares Nogueira de Hollanda Lima) diwawancarai oleh peneliti UFO dan mengakui menyaksikan UFO dan menurutnya ada keterlibatan para alien. Tiga minggu kemudian ia ditemukan tewas, terikat oleh ikat pinggangnya. Dokumen lengkap tentang peristiwa ini dapat diunduh dari sini: http://www.ufo.com.br/documentop.php.

Kini para ufolog dapat bekerja berkat hubungan kerjasama dengan pihak Angkatan Udara yang mengijinkan mereka mengakses dan memanfaatkan secara permanen bahkan terhadap dokumen-dokumen rahasia sebagaimana pula berkolaborasi dengan militer agar dapat memahami fenomena UFO.

Rafael Cury, salah satu kepala di CBU baru-baru ini memberikan catatan bahwa "Ini merupakan era baru bagi ufologi Brasil".

Ya, memang. Dengan perilisan dokumen-dokumen UFO oleh pihak Angkatan Udara kepada para ufolog dan memperbolehkan mereka mengaksesnya, sementara mereka tidak mengerti pesawat apa yang terlibat dalam pristiwa itu, mereka merasa senang bekerjasama agar mereka lebih paham, maka peristiwa ini mungkin adalah yang paling dekat dari pemerintahan manapun demi sebuah pengungkapan. Ufolog di seluruh dunia akan tidak merasa ragu bahkan optimis dengan adanya perkembangan ini.

===================================================

Diterjemahkan dari: "Historic disclosure: Brazil’s secret Government UFO files revealed"
Penulis: Michael Cohen
sumber: AllNewsWeb.com
edisi: 16 April 2009
url: http://www.allnewsweb.com/page6716719.php
Penterjemah: Gatot Tri R. (untuk BETA-UFO Indonesia)

0 Komentar:

Posting Komentar