12 Jul 2017

Berpikir positif itu harus

Buku yang berjudul "Berpikir Positif Orang Jawa" ini menarik perhatian saya. Saya membelinya di toko buku Toga Mas Diponegoro, Surabaya. Saat ini belum saya baca semua, namun selintas ada beberapa hal yang menurut saya penting untuk saya share. 

Ada juga nasihat bagus utk menjadi pemimpin, yang menurut saya cocok juga buat pengusaha, yaitu perlu memiliki tiga pola pikir (Halaman 314-315):
1. Berpikir besar
2. Berpikir positif
3. Berpikir maju


Selain itu perlu juga membentengi diri dengan tiga "ten", yaitu: 
1. Sinten (paham siapa dirinya dan siapa yg dipimpin)
2. Punten (berani minta maaf jika salah)
3. Pinten (paham kalkulasi dana)

Nah, bagaimana untuk bisa berpikir optimis? Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. penulis buku ini menawarkan 8 tips yaitu (halaman 172):
1. Periksalah diri kita
2. Ikuti gaya hidup sehat
3. Nikmatilah pekerjaan
4. Carilah teman yang positif
5. Hadapi dan terima
6. Miliki rasa humor
7. Catatlah hal yang baik
8. Aturan sederhana

Selanjutnya, untuk berpikir positif ada 9 tips (halaman 173):
1. Melihat masalah sebagai tantangan
2. Menikmati hidup
3. Terbuka pada saran dan ide
4. Buang pikiran negatif sesaat setelah terlintas
5. Bersyukur
6. Tidak mendengarkan rumor
7. Segera bertindak
8. Menggunakan bahasa positif
9. Peduli pada citra diri

Buku ini mengingatkan bahwa berpikir positif itu indah. Dengan prinsip "Urip iku urup", kita harus membuat hidup itu menyala. "Nyala" yang membawa terang untuk membantu kita melihat dunia yang indah ini. Berpikir positif akan mampu memerangi kegelapan atau pikiran negatif dan membawa terang bagi diri kita dan lingkungan sekitar.

Berpikir positif akan membawa kita menjadi orang yang penuh kehangatan dan welas asih (compassionate) dan mencegah menjadi seorang haters...

Buku yang sangat bagus menurut saya.

Popular Posts