15 Sep 2016

5 Ketrampilan sosial yang penting dimiliki bagi entrepreneur



Talkdes menyampaikan ada 5 ketrampilan sosial yang bisa membawa sukses dalam berbisnis. Kelima hal itu adalah
1. Persepsi sosial
2. Mengelola impresi
3. Persuasif
4. Penyesuaian sosial
5. Ekspresi sosial

Mengelola impresi adalah jadi etrampilan untuk mampu memberikan kesan yang positif bagi orang lain. Kalau dari pengertiannya, impresi adalah kesan yg kita berikan dengan sengaja maupun tidak sengaja kepada orang lain. Nah, beberapa orang kurang memiliki kemampuan ini, di mana kurang pandai dalam memberikan impresi (kesan) yang baik/positif agar orang lain itu suka dengan dirinya. Orang yang kurang bagus dalam mengelola impresi, baisanya dia terkesan kurang simpatik.

Yang kedua, persepsi social, adalah kemampuan yang akurat dalam mempersepsi orang lain. Misalnya bisa menduga sifat seseorang atau motif orang lain. Misal, bertemu seseorang, maka kita sebaiknya bisa mempersepsi orang itu seperti apa. Kadang ada orang yang tidak bisa mempersepsi dengan baik. Mungkin kurang gaul atau bisa juga terlalu jujur, atau mungkin terlalu egois dan tidak peduli dengan perasaan orang lain.

Kemudian yang ketiga, kemampuan persuasif adalah kemampuan untuk merayu (persuasi), untuk mengubah pendapat, pikiran atau sikap orang lain ke hal yang kita inginkan. Pada umumnya ketrampilan harus dimiliki oleh seorang pengusaha karena sangat erat kaitannya dengan kemampuan menjual.

Berikutnya, penyesuaian sosial adalah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau merasa nyaman dengan berbagai kondisi situasi. Ada orang yang sulit menyesuaikan diri, misalnya saat harus pergi ke acara tertentu, mungkin dia tidak bisa mengontrol emosinya, misalnya menampakkan diri tidak suka. Seseorang perlu ada kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri secara sosial.

Yang terakhir adalah ekspresi sosial, di mana seseorang diharapkan mampu menyampaikan emosinya secara bagus kepada orang lain agar orang lain terbawa ikut antusias. Jadi, orang yang kurang mampu ekspresif, nampak emosinya datar.

Kalau emosinya datar, orang kurang tertarik dengan dirinya. Orang yang kita anggap menarik, biasanya bisa melakukan ekspresi sosial. Ketrampilan harus dimiliki oleh orang yang ingin jadi pengusaha karena harus memimpin dengan menularkan semangat dan antusiasme ke orang-orang di sekitarnya. Dengan mimik, gerak tubuh, semangat cara bicara, untuk membuat orang ikut terbawa perasaan sesuai yang diinginkan.

Popular Posts