15 Agu 2014

Dilatih UC, TKI Tak Balik ke Hongkong

Jawa Pos, 15 Agustus 2014

Dilatih UC, TKI Tak Balik ke Hongkong


SURABAYA - Universitas Ciputra (UC) melaksanakan pelatihan wirausaha bagi tenaga kerja Indonesia (TKI). Pelatihan kali kedua ini bertujuan agar para TKI bisa sukses berwirausaha selelah bertahun-tahun mengais rezeki di negeri orang.

Kegiatan tersebut berlangsung Selasa hingga Karnis (12-14/8). Direktur Akademik Universitas Ciputra Entrepreneurship Online Nur Agustinus menyatakan, peiatihan itu merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) UC. Biasanya, saat Lebaran banyakTKI yang pulang kampung. Jadi, UC memberikan kesempatan mereka belajar berwirausaha. Kali inl ada 25 TKI. Rata-rata mereka bekerja di Hongkong.

Mereka menerima beragam materi. Mulai cara mengubah mindset, identifikasi pasar, sampai pengembangan usaha. Selain di kelas, para TKI diajak ke Pasar Tugu Pahlawan untuk melakukan identifikasi pasar.

"Salah satu yang sulit adalah mengubah mindset," papar dosen pengampu mata kuliah social entrepreneurship tersebut. Sebab, selama ini mereka terbiasa berpikir sebagai konsumen.

Setelah pelatihan tiga hari itu, mereka juga menerima kelanjutan lewat pelatihan online selama enam bulan.

Salah seorang TKI yang mengikuti pelatihan saat itu adalah Sujiati. Perempuan 40 tahun asal Madiun tersebut sudah pulang pada Februari. Dia bekerja 10 tahun di Hongkong. Dia juga telah membuka toko sederhana yang menjual kebutuhan sehari-hari di rumahnya. “Sudah selesai kerjanya. Saya ingin berjualan di rumah bersama suami dan anak saja. Usaha saya harus berkembang,” tutumya. (lna/cl9/roz)

Popular Posts