Refleksi akhir semester mengajar di kelas Social Entrepreneurship 5

http://satunama.org/id/2013/09/berbagi-ilmu-dan-pengalaman-social-entrepreneurship/

Teman-teman, mahasiswa kelas Social Entrepreneurship UC, terima kasih telah bergabung bersama di kelas E Sosial, mulai semester 4 dan 5. Tak terasa satu tahun telah berlalu. Teringat waktu lalu, ketika pertama kali saya masuk kelas E5 Sosial bersama bu Ianinta Sembiring, mencoba untuk membimbing teman-teman bersama agar bisa memahami apa sih social entrepreneurship dan bagaimana bentuk bisnis sosial itu. Memang kelas E5 kita barangkali tidak seheboh kelas E yang lain, tapi saya berharap pembelajaran yang kita alami bersama dapat bermanfaat tidak hanya untuk prestasi saat ini, tapi juga untuk kehidupan teman-teman di masa mendatang.

Meski hanya setahun (dua semester), sepertinya banyak yang telah kita jalani bersama. Tentu banyak kekurangan di sana sini dari kami, tim fasilitator, tapi semua ini sejatinya kami lakukan untuk kebaikan bersama. Tentu tidak mudah melihat hasil karya sebuah project sosial business dalam waktu singkat. Perjalanan seorang social entrepreneur memang butuh proses yang panjang dan tidak bisa dikarbit. Kita menjalani semua proses itu secara perlahan dan semoga perjalanan teman-teman, baik yang waktu di E4 ketika mengunjungi bisnis sosial yang ada, bahkan ada yang sampai pergi ke Madiun, Batu dan lain sebagainya, hingga kita bersama-sama pergi ke Yogyakarta mengunjungi beberapa tempat, bisa memberi inspirasi yang menggugah diri teman-teman.

Akhir kata, walau perkuliahan E Sosial kita sudah berakhir, semoga di masa mendatang terjalin kerja sama atau kolaborasi sebuah kegiatan bisnis sosial di antara kita semua. Ayo kobarkan terus semangat social entrepreneurship. Bersama kita yakin akan dapat mengubah dunia dengan mengawali sebuah perubahan dari diri kita sendiri.

Salam entrepreneur!

Surabaya, 5 Desember 2013
nur agustinus

0 Komentar:

Posting Komentar