The Dog in the Manger


Ada cerita fabel yang menarik disampaikan Rm. Yohanes Wayan Marianta, SVD waktu datang ke UC (31 Agustus 2012), cerita tentang anjing di atas palung jerami (The Dog in the Manger). Ceritanya, ada seekor anjing sedang berbaring di atas tumpukan jerami, yang sebenarnya disediakan untuk makanan para sapi. Tetapi setiap kali sapi-sapi itu mendekati tumpukan jerami itu si anjing menggeram marah dan mencegah mereka mendekat.

Para sapi kemudian menjauh pergi sambil bersungut-sungut: "Ia tidak memerlukan jerami itu bagi dirinya tetapi ia tidak membiarkan kita memakannya. Dasar binatang egois!"

Pesan moral dari cerita ini adalah, jika kamu tak memerlukannya, jangan menyimpannya atau menghalangi orang lain yang memerlukannya untuk mendapatkannya. Masalahnya, seringkali di perusahaan ada orang yang seperti itu, menghalangi hak orang lain padahal dia sendiri sebenarnya tidak bisa menggunakannya. Advis yang bagus untuk membuat organisasi lebih baik dengan menyadarkan kita agar jangan sampai seperti itu...

0 Komentar:

Posting Komentar