Bicara Basa-basi


Kadang ketika berbicara dengan seseorang, kita merasa apa yang dibicarakan hanyalah sekedar basa-basi. Pengertian basa-basi sudah beralih dari yang awalnya bertujuan untuk sopan-santun menjadi sebuah sikap yang dianggap cuma manis di luar saja atau sebuah pembicaraan yang percuma. Apakah memang basa-basi itu sudah tidak penting?

Basa basi kadang perlu juga, sebab dalam ilmu berkomunikasi, sebenarnya yang lebih penting adalah cara kita menyampaikannya. Kadang maksud yang ingin disampaikan itu benar, tapi kalau caranya tidak tepat, maka tidak akan diterima dengan baik. Nah, basa-basi ini kadangkala diperlukan. Tapi kalau bicara cuma basa basi saja, ya memang tidak ada gunanya.

Bagaimana membedakan percakapan yang basa-basi? Sebenarnya pengertian basa-basi adalah sopan santun atau tata krama (good manners) dalam berinteraksi antar manusia. Bentuknya bisa berupa salam, menanyakan khabar, menyampaikan ungkapan simpati dan penghargaan (terima kasih).

Mungkin perlu dibedakan antara basa-basi dengan kata-kata penuh bunga-bunga. Basa-basi harus disampaikan pada tempatnya dan dalam takaran yang pas (wajar). Dalam hal ini perlu dibedakan antara basa-basi dengan bunga-bunga kata. Basa-basi adalah cara penyampaiannya sedangkan bunga-bunga kata adalah kemasan pesan itu sendiri.

0 Komentar:

Posting Komentar