8 Agu 2015

7 hal penting dalam perjalanan menggapai sukses

Banyak orang ingin sukses, tapi maunya dengan cara yang instan, akibatnya justru sering gagal. Ada 7 hal yang perlu diperhatikan dalam perjalanan menggapai sukses. Apa sajakah itu?

Pertama adalah impian. Orang tanpa impian tak akan tahu mau kemana arah tujuan hidupnya. Kita perlu punya sesuatu yang sangat kita idamkan atau harapkan. Ingat, impian tidak sama dengan mimpi. Jadi, jangan bermimpi tapi milikilah impian yang sangat ingin kita wujudkan.
 
Ada yang bilang, kalau berangan-angan jangan terlalu tinggi, nanti kalau jatuh akan sakit. Tapi, jangan juga terlalu rendah, sebab hal itu nantinya akan membuat kita tidak bersemangat dan cenderung bersantai-santai. Miliki impian yang besar, sebab tanpa begitu kita akan hidup bagai jalan di tempat. Proklamator Bangsa Indonesia, Ir Soekarno pernah berkata, ""Gantungkan cita-cita mu setinggi langit!"

Kita tahu bahwa impian kita itu pasti tidak mudah untuk mencapainya. Tapi kita jangan sampai kehilangan keyakinan. Miliki kepercayaan bahwa Tuhan pasti menyertai perjalanan hidup kita. Miliki juga keteguhan hati, yakin dan tidak ragu-ragu. Jangan mudah terbelokkan karena kita sendiri merasa tidak yakin akan tujuan yang hendak dicapai.
Nah, hal berikutinya, yang ketiga adalah ilmu. Tanpa ilmu kita tidak tahu harus bagaimana jika menghadapi masalah atau ingin mengerjakan sesuatu. Ada nasihat yang mengatakan, jangan buang hari-hari Anda tanpa mempelajari sesuatu, karena itu berarti menutup hari dengan kegagalan. Semakin banyak ilmu yang anda pelajari, semakin mudah bagi anda memahami ilmu yang lainnya. Untuk itu, belajarlah hal-hal kecil setiap hari, namun rutin setiap hari. Lakukan peningkatan kecil setiap hari, dan akan menjadi berarti sangat banyak di tahun-tahun yang akan datang.
Anda ingin sukses? Anda harus berusaha. Sukses tidak akan datang sendiri. Bahkan orang yang sangat beruntungpun melakukan usaha atau berikhtiar. Tak ada orang yang hanya berdiam diri atau bermalas-malasan akan menjadi sukses. Berikhtiar bisa dalam berbagai cara dan bentuk. Berusaha untuk mengumpulkan ilmu, modal, teman, atau apa saja yang baik. Untuk ini memang perlu prioritas, mana yang harus dikerjakan dan yang tidak. Hal yang kiranya membawa pengaruh buruk sebaiknya dihindari.
Lalu, banyak orang bekerja namun merasa berat melakukannya. Kunci kesuksesan adalah ikhlas. Melalui iklas kita akan bekerja dengan sepenuh hati. Kita akan siap untuk bekerja keras. Orang lain akan melihat dan menilai apa yang kita kerjakan. Ini akan membawa kita pada peluang-peluang baru karena orang melihat kesungguhan hati kita.
Hal yang keenam, dalam hidup kita perlu melakukan dengan sebaik mungkin. Do your best. Lakukan yang terbaik. Jadilah sempurna atau ihsan. Kalau kita mengerjakan dengan biasa saja, maka tak akan ada bedanya dengan yang lain. Kita perlu melakukan lebih dari yang lain, baik melalui kerja keras dan kerja cerdas. Inovasi perlu dilakukan untuk lebih baik.
Akhirnya yang ketujuh adalah istiqomah. Kerjakan segala sesuatunya secara konsisten. Dengan daya juang yang baik serta komitmen yang tinggi, niscaya apa yang kita lakukan akan membawa pada kesuksesan. Kesuksesan tidak selalu berarti harta berlimpah, tapi bisa juga hidup bahagia, berkecukupan dan apa yang kita lakukan memberi manfaat yang besar bagi banyak orang.
Demikianlah ketujuh hal yang perlu kita perhatikan, lakukan dan jadikan kebiasaan hidup agar membuat perjalanan kita menggapai sukses bisa lebih baik. Kalau kita ulang, ketujuh hal itu adalah:
 Akhirnya, barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil.
Semoga bermanfaat.

nur agustinus
8 Agustus 2015

Popular Posts