25 Apr 2016

Apa nilai 10 dari bisnismu?



Saya mau sharing satu ilmu yang kudapat beberapa minggu lalu... Kalau kita melihat sebuah usaha, seperti 7 Eleven, Yoshinoya, McD, Cathay Pacific, HP merk Samsung, atau lainnya, apa yang membuat mereka bisa diminati banyak orang? Semua pasti punya keistimewaan sendiri-sendiri. Misalnya, kalau kita bayangkan Mc Donald, apa yang membuat McD itu istimewa digemari banyak orangdan berbeda dengan rumah makan burger lainnya?


Sebagai entrepreneur atau orang yang sudah belajar entrepreneur dan punya mindset entrepreneur, kita mesti terbiasa memikirkan ini. Apa kelebihan atau keistimewaan usaha itu, kok sampai bisa jadi hebat seperti itu.
Nah, ini bukan cuma perusahaan-perusahaan besar. Usaha kecilpun ada yang bisa menjadi terkenal karena ada keistimewaannya dalam hal tertentu. Nah, di sinilah saya yang ingin bagi tipsnya dan ini sebenarnya sederhana saja.

Setiap usaha, pasti punya banyak aspek. Ada aspek pelayanan, ada aspek kualitas, ada aspek keramahan, ada aspek harga, ada aspek kemudahan, ada aspek rasa, ada aspek keunikan, ada aspek keamanan, ada aspek kecepatan, dan lainnya.

Yang pasti, setiap usaha yang berjalan lancar dan berkembang pasti punya setidaknya satu kelebihan dan ini bisa dibilang nilainya 10 (dari angka nol hingga 10). Jadi, dia dapat nilai terbaik untuk hal itu.
Sama halnya dengan diri kita. Kalau kita tidak punya nilai 10 di salah satu aspek yang ada di diri kita, maka kita akan menjadi seperti orang kebanyakan, tidak ada yang terlalu peduli dengan kita. Tapi misalnya, kalau si A itu dapat nilai 10 dari aspek kesabarannya (misalnya), atau si B itu dapat nilai 1-0 dari keramahannya, atau si C dapat nilai 10 dari hal ketegasannya, atau si D karena penampilannya yang 10, maka dia akan diketahui dan dikenal banyak orang.

Usaha juga sama. Kalau Anda bikin usaha sama dengan yang lain, dijamin usaha Anda tidak akan berkembang pesat. Tetapi, apa yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa dapat nilai 10 dari salah satu aspek yang ada. Misalnya, untuk soal rasa, nilainya 10. Atau mungkin, untuk soal keramahan, nilainya 10, atau untuk soal kecepatan pengiriman barang, nilainya 10.

Jadi, saya belajar dari apa yang saya dapat ini, bagaimana kita berusaha mencarti di bisnis kita, apa yang kita bisa buat supaya nilainya 10. Tidak harus sempurna semuanya 10 sebab itu tidak mungkin. Tapi cukup satu atau dua saja...

Oleh karena itu, kalau hendak membuat bisnis, apapun itu, mungkin cuma sederhana, kecil dan berada di pelosok, jangan lupa memikirkan dan mengerjakan dengan komitmen penuh, hal apa yang bernilai 10 di bisnis teman2.

Yang pasti, nilai 10 itu harus dipertahankan, sebab itu keistimewaan kita. Memang tidak mudah, tapi nilai 10 di bidang rasa kalau misalnya saya bisnis kuliner, mungkin tidak mudah dikalahkan oleh rumah makan lain. Tetapi kalaupun ada yang sama-sama enaknya, maka saya harus punya nilai 10 di hal ini. Ini butuh kreativitas dan inovasi. Yang paling sulit ditiru adalah pelayanan. Kalau produk itu paling gampang ditiru. Tas yang baru keluar di Eropa, dalam seminggu sudah banjir di Hong Kong grin emoticon Tetapi cara Anda melayani, itu tidak mudah ditiru. Di sinilah pentingnya nanti hubungan dengan pelanggan yang baik.
Ok, itu sharing singkat dari saya tentang pentingnya ada salah satu aspek bernilai 10 di bisnis kita. Salam sukses untuk semua.

Popular Posts