20 Mar 2014

IPad di dunia medis, sebuah value innovation

Inovasi tidak hanya dalam hal produk. Menurut Doblin, sebuah perusahaan global innovationyang mendedikasikan untuk pengembangan inovasi, mengatakan bahwa setidaknya ada 10 jenis inovasi. Kesepuluh jenis inovasi itu bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Perkembangan teknologi telah membawa perubahan bagi kehidupan manusia. Tak terkecuali di bidang medis. Para dokter telah banyak yang menggunakan gadget berupa IPad, sebuah tablet dengan layar berukuran sekitar 10 inchi, untuk mengakses informasi tentang kesehatan pasiennya, hasil tes lab serta melihat referensi tentang bagian organ tubuh manusia.

Ini merupakan salah satu bentuk inovasi juga. Penggunaan tablet IPad ini adalah inovasi dalam hal proses. Dengan bantuan teknologi, para dokter bisa melakukan pekerjaannya dengan lebih baik serta efektif. Bahkan kalau diperhatikan lebih jauh, penggunaan alat ini bisa menurunkan biaya.

Kalau dulu hasil tes laboratorium harus menggunakan kertas atau untuk foto X-Ray harus menggunakan film, maka kini sudah tidak perlu lagi. Dengan demikian bisa menghemat banyak hal. Bahkan, hasil tes lab bisa dikirim langung dengan email ke para dokter yang menangani pasien tersebut. Lebih cepat, lebih akurat dan langsung diterima oleh dokter. Ini memudahkan kerja parta dokter, tidak harus selalu meminta data pasien ke perawat di rumah sakit. pasienpun bisa melihat data hasil lab serta pemeriksaannya melalui gadget yang dimiliki.

Memang, penggunaan teknologi bisa menjadi pendongkrak (leveraging) suatu bisnis. Mempermudah pekerjaan, memotong alur proses kerja sehingga lebih cepat, efisien dan efektif. Jadi, penggunaan teknologi bisa membuat produktivitas kerja makin baik.

Di dunia medis, penggunaan perangkat IPad ini selain merupakan inovasi dalam hal proses kerja, sekaligus menjadi sebuah value innovation. Ini memberi nilai tambah kepada pelanggan, baik dokter maupun pasien. Boleh jadi, rumah sakit tidak harus secara khusus menyediakan IPad kepada masing-masing dokter karena umumnya mereka telah memilikinya sendiri. Dengan kemudian menghubungkan IPad para dokter ke sistem informasi rumah sakit, maka penggunaannya bisa lebih optimal. Ada banyak hal yang bisa dihemat dan mengurangi biaya. Dengan data hasil lab langsung dikirim ke tablet yang dibawa oleh dokter, bisa mengurangi banyak hal. Ini kunci dari sebuah value innovation, menambahkan nilai tapi sekaligus mengurangi biaya.

Video di bawah ini adalah gambaran tentang penggunaan IPad di dunia media:





Jadi, untuk berinovasi jangan hanya selalu berpikir bagaimana mengutak-atik produk atau jasa yang hendak dijual. Manfaatkan teknologi yang ada, buat proses kerja Anda lebih mudah, efisien dan makin efektif. Dengnn demikian, Anda bisa lebih kompetitif dibandingkan pesaing Anda.


Salam entrepreneur!


Popular Posts