23 Jan 2014

Entrepreneur sukses harus bisa mengelola uang, waktu dan stress


Ada hal yang menarik dan ingin saya share setelah membaca buku "Entrepreneurship Quizzess" yang ditulis oleh John J. Liptak. Buku ini isinya banyak tentang kuesioner untuk mengukur tingkat entrepreneurship seseorang termasuk di antaranya adalah skills atau ketrampilan yang dibutuhkan oleh seorang entrepreneur.

Menurut John J. Liptak, ada tiga ketrampilan dasar yang dibutuhkan seorang entrepreneur, yakni:
1. Ketrampilan mengelola uang
2. Ketrampilan mengelola waktu
3. Ketrampilan mengelola stress

Membaca hal ini membuat saya berpikir ulang. Benar juga apa yang dijabarkan oleh penulis buku itu. Banyak kegagalan bisnis dari seorang entrepreneur karena tiga hal ini. Misalnya karena kurang pandai mengelola uang, membuat cash flow jadi tersendat. Mengelola keuangan memang bukan hal mudah. Ada orang yang karena mendapat uang banyak lalu gaya hidupnya berubah menjadi lebih boros. Atau karena dia lemah mengelola keuangannya, maka terjadi kebocoran di sana sini yang membuatnya rugi.

Mengelola waktu juga merupakan hal yang penting. Sikap menunda pekerjaan, berpikiran selalu masih ada hari esok, merupakan hambatan dari dalam diri yang besar pengaruhnya terhadap usaha yang dijalankan. Ini berkaitan dengan kedisiplinan dan juga bagaimana mengatur waktu yang ada. Banyak entrepreneur yang tidak bisa mengelola waktu dengan baik sehingga menjadi sangat kelelahan atau sebaliknya membuang waktu untuk hal yang bukan prioritas.

Hal yang ketiga, seorang entrepreneur juga harus memiliki ketrampilan mampu mengelola stress. Setiap orang butuh stress untuk produktivitasnya. Jika tanpa stress sama sekali, pasti juga kurang produktif. Namun terlalu banyak stress, orang juga tidak akan bisa bekerja dengan baik. Di sinilah butuh ketrampilan untuk bisa mengelola stress. Tentu, sebagai entrepreneur pasti mengalami stress yang tinggi. Bagaimana kita menghadapi resiko, walaupun sudah kita perhitungkan, namun tetap saja resiko selalu ada. Kalau kita tidak pandai mengelola stress, maka hal ini akan membuat diri kita mudah menyerah dan akhirnya mempengaruhi bisnis kita.

Memang, pasti banyak ketrampilan lain yang dibutuhkan dari seorang entrepreneur. Sebut saja misalnya ketrampilan menjual. Namun saya sangat setuju dengan John J. Liptak, bahwa ketiga hal yang disebutkan tadi, yakni ketrampilan mengelola uang, waktu dan stress, adalah hal yang paling utama dari seorang entrepreneur. Mari kita introspeksi, apakah ketiga ketrampilan ini sudah kita miliki dengan baik atau masih harus ditingkatkan.

Salam entrepreneur, semoga bermanfaat.

Popular Posts