13 Jun 2013

Big Market vs Good Market

Manajemen memang bukan ilmu pasti dan strategi bisnis lebih merupakan sebuah seni untuk memenangkan persaingan.

Kalau kita mau memulai sebuah bisnis, seringkali kita bertanya, seberapa besar pasar yang ada. Misalnya saja, mau buka katering untuk melayani perkantoran, maka kita akan menghitung seberapa banyak pasar yang ada. Misalnya, di dalam satu gedung perkantoran ada 200 perusahaan, dan setiap perusahaan ada 20 orang pekerja, maka akan ada 4000 orang yang butuh makan tiap harinya. Maka kita mengatakan bahwa pasar yang ada sangat besar dibanding dengan kemampuan kita melayani, yang bisa saja mungkin hanya 1000 orang per hari.

Demikian juga ketika kita memilih lokasi usaha, kita melihat prospek bisnisnya dari besarnya pasar yang ada. Katakanlah mau buka warung, dekat sekolah, maka kita lihat banyak sekali pelajar di sana, maka kita anggap ini pasarnya bagus.
Namun walau angka tak pernah bohong, kita harus hati-hati, sebab menilai atau mengukur pasar kalau kita hanya melihat dari sisi ukuran besarnya saja itu bisa keliru. Satu hal yang seeing digunakan sebagai ukuran memang adalah besarnya pasar karena ini paling mudah menghitung matematikanya, tapi ini bisa salah dan membuat kita mengambil keputusan yang tidak tepat. Lalu bagaimana?

Dosen saya yang mengajar Corporate Strategy, Prof. Dr. Arsono Laksmana, pernah mengemukakan, yang harus diperhatikan adalah kita harus mencari pasar yang bagus, bukan sekedar pasar yang besar. BIG MARKET tidak sama dengan GOOD MARKET. Ini sangat penting karena kita sering terbuai dengan ukuran yang kita anggap besar namun sebenarnya tidak bagus. Contoh sederhananya, kota Jakarta adalah big market (pasar yang besar), tapi belum tentu good market (pasar yang bagus) karena banyaknya persaingan. Mengukur bagusnya pasar ini yang tidak mudah.

Intinya, ini bukan berarti Anda tidak boleh memilih pasar yang besar, tapi percuma pasar itu besar tapi tidak bagus. Big is not always good. Bigger isn't always better. Kita perlu memilih pasar yang bagus secara cerdas melalui inovasi, karena di sana untuk jangka panjangnya akan lebih menjanjikan. Oleh karenanya, jangan terbuai karena melihat pasarnya besar, tapi pilihlah pasar yang bagus untuk usaha Anda.

Popular Posts